Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat [trip101]
Obyek Wisata Wajib Kunjung

Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat

PinkKorset.com – Berlibur ke Yogyakarta kurang lengkap rasanya tanpa megunjungi ‘rumah’ tempat raja dan keluarganya tinggal. ‘Rumah’ yang juga menjadi saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Yup, kita sedang membicarakan sebuah ‘rumah’ yang bernama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat

[foto: Wikipedia]

Anda yang kebetulan atau memang merencanakan liburan ke Yogyakarta, wajib hukumnya berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Berlokasi di pusat kota, keraton melintang di dua aliran sungai, Sungai Code dan Sungai Winongo. Selain menambah keindahan, kedua sungai tersebut menjadi benteng pertahanan alami. Selain berfungsi sebagai penghalang banjir.

Bangunan yang dirancang Pangeran Mangkubumi ini nampak gagah dan kokoh jika dilihat dari kejauhan. Penasaran apa aja sih yang ada di dalamnya? Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi obyek wisata kebanggaan Yogya yang satu ini.

Tour De Museum

Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat

[foto: indonesiakaya.com]

Jika menyempatkan diri masuk ke dalam kawasan Keraton, Anda akan melihat banyak ruangan. Beberapa diantaranya difungsikan sebagai museum dan tempat menyimpan benda-benda bersejarah, seperti benda milik raja dan keluarganya serta benda-benda pemberian kerabat kerajaan.

Ada pula ruangan yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi batik yang usianya sangat tua. Alat-alat membuat batik, aneka tumbuhan sebagai pewarna alami, serta sumur tua yang berisi uang logam maupun kertas, bisa ditemukan di ruangan ini.

Selain itu ada pula ruangan khusus menyimpan aneka barang pecah bela, keramik, pakaian adat, lukisan, serta benda-benda bersejarah keluarga kerajaan. Anda akan terkesima setelah melihat-lihat benda-benda koleksi Keraton Yogya. Jadi, pastikan jangan ada ruangan yang terlewat ya.

Pertunjukan Seni

Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat

[foto: satriaatasangin.blogspot.com]

Di dalam kawasan Keraton terdapat sebuah pendopo yang cukup luas, Bangsal Sri Manganti. Jika datang pagi hari pada pukul 09.00 WIB, Anda akan menyaksikan kesenian khas Keraton Yogya. Hampir setiap hari pada waktu tersebut dilangsungkan sebuah pertunjukan seni. Khusus Minggu, pertunjukan dimulai pukul 11.00 WIB.

Pertunjukan seni yang digelar berganti-ganti setiap harinya. Mulai dari gamelan, tari, wayang golek, wayang kulit, hingga tembang macapat. Oh iya, pertunjukan ini bisa Anda nikmati gratis. Seru kan!

Berbincang dengan Abdi Dalem

Mengingat tempat wisata ini berupa Keraton Kerajaan, jadi sangat sulit menemukan para petugas. Sebagai gantinya, Anda bisa dengan mudah mengenali para Abdi Dalem Keraton. Tak perlu ragu, mereka ternyata sangat ramah! Jangan segan-segan untuk bertanya.

Terutama Anda yang masih penasaran tentang sejarah Keraton Yogya. Dengan sikap ramah, para Abdi Dalem ini dengan senang hati akan menceritakan seluk beluk Keraton. Tak jarang, Anda akan mendengar kisah yang belum pernah diperoleh dari media manapun.

Upacara Adat

Mengenal Keraton Yogyakarta Lebih Dekat

[foto: indonesiaexplorer.net]

Untuk menikmati keseruan yang satu ini, Anda memang harus berkunjung pada momen yang tepat. Pasalnya, upacara adat di keraton tak dilaksanakan setiap hari. Beberapa yang dilaksanakan di Keraton Yogyakarta adalah Tapa Bisu Mubeng Bareng, Miyos Gongso, Grebeg, Sekaten, dan banyak lagi.

Itu dia beberapa aktivitas seru di Keraton Yogyakarta. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harga tiketnya sangat terjangkau. Belum lagi beberapa pertunjukan bisa dinikmati gratis. Semoga kita semua akan semakin cinta akan kekayaan sejarah Bangsa Indonesia setelah berkunjung ke Keraton Yogya.

Have a nice visit!