Tanda Penuaan Tidak Hanya pada Kulit [goinghometoroost]

Tanda Penuaan Tidak Hanya pada Kulit

PinkKorset.com, Jakarta – Kulit hanya salah satu tanda penuaan. Ada banyak tanda fisik dan psikis ketika Anda menua.

Salah satu tanda penuaan dapat dilihat melalui kulit, misalnya keriput dan kendur. Namun, gejala ini hanya satu bagian dari rangkaian tanda penuaan tubuh. Sementara penuaan mulai berlangsung sejak Anda lahir dan terlihat jelas pada umur 30 tahun.

Dokter estetika dan antiaging DH Clinic, dr. Haekal Yassier Anshari, M.Biomed (AAM) mengatakan, pada umur tersebut penuaan terjadi diikuti tanda fisik dan psikis. Tanda fisik meliputi massa otot berkurang, sulit membentuk otot, kulit mengendur, daya ingat berkurang dan fungsi seksual terganggu.

Sementara tanda psikis penuaan, tambah dr. Haekal, mencakup gairah hidup yang menurun, sulit tidur, mudah cemas dan tersinggung.

“Penuaan disebabkan dua hal, yakni internal (penurunan hormon) dan eksternal (radiasi dan radikal bebas),” ucapnya saat media gathering di Jakarta baru-baru ini.

Menurutnya penuaan dapat memengaruhi hubungan suami istri. Ketika perempuan menua ditandai haid tidak lancar dan estrogen menurun. Sehingga Anda mudah depresi dan tidak mampu menikmati hubungan seksual akibat lubrikasi vagina berkurang.

Kemudian penuaan pada laki-laki menyebabkan kadar testosteron anjlok tetapi estrogen melonjak. Ketika lingkar pinggang laki-laki membesar berarti lemak meningkat. Kondisi ini mengubah testosteron menjadi estrogen sehingga mereka tumbuh payudara. Mereka mulai mengeluh pegal dan sakit tulang saat umur 40-45 tahun. Laki-laki juga mengalami kesulitan ereksi karena gangguan pembuluh darah maupun diabetes.

“Penyakit degeneratif seperti osteoporosis, diabetes, stroke, hipertensi dan penyakit kardiovaskuler berawal dari proses aging,” pungkasnya.