Read Aloud Mudahkan Anak Belajar Baca [google]

Read Aloud Mudahkan Anak Belajar Baca

PinkKorset.com, Jakarta – Read Aloud menjadi salah satu metode mengajarkan membaca dengan cara yang menyenangkan.

Read Aloud adalah salah satu teknik membacakan buku untuk anak. Metode yang diperkenalkan Jim Trelese melalui bukunya The Read Aloud Handbook ini mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai aktivitas menyenangkan.

Ahli sekaligus penerjemah buku ‘Read Aloud’ Rossie Setiawan menuturkan, metode membaca read aloud ini penting untuk perkembangan anak karena menstimulasi otak anak agar berkembang maksimal dan memperkenalkan anak kemampuan dasar literasi (mendengarkan dan memberikan kesempatan momen premium antara ibu dan anak).

“Selain itu, 90% perkembangan otak anak terjadi pada umur 0 – 6 tahun, sehingga membiasakan membaca kepada anak harus segera dilakukan,” ucapnya dalam acara kampanye #LotteChocoPieMothersDay18 di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Mengenalkan anak membaca di usia dini tidak masalah asalkan tidak membuat mereka stres atau terbebani. Ibu bisa melakukan reading aloud dengan buku cerita bergambar yang menarik. Metode ini mengajak anak tertarik membaca.

Read aloud dan mendongeng

Rossie menambahkan, read aloud berbeda dengan mendongeng. Mendongeng tidak menggunakan buku sehingga dampaknya bukan menjadikan anak mau dan mampu membaca.

“Kalau read aloud kita menjadi think aloud, yakni memvisualisasikan apa yang didengar. Ini yang membangun imajinasi anak,” ujarnya.

Sesibuk apapun orangtua sebaiknya menyempatkan read aloud kepada anak. Menurut perempuan berkacamata ini, read aloud cukup dilakukan 10 menit per hari dan waktu disesuaikan dengan kesiapan ibu dan anak.

Read Aloud Mudahkan Anak Belajar Baca

Selaras dengan upaya mendekatkan ibu dan anak, Lotte Choco Pie kembali mengusung kampanye tahunan #PremiumMomentstogether dan tahun ini mengangkat tema #LotteChocoPieMothersDay18.

Marketing Manager PT Lotte Indonesia, Ingen Ate Malem Meliala mengatakan, sama seperti komitmen kami sebelumnya yakni membantu para ibu Indonesia menciptakan momen premium bersama anak.

“Kegiatan story telling dengan metode Read Aloud ini merupakan salah satu pilihan yang berkualitas bagi para ibu, baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja,” sambungnya.

Adapun kegiatan kampanye ini begitu beragam, mulai dari community gathering, mengunjungi sekolah, talk show bersama ibu dan anak, kontes dan berbagi tips melalui media sosial Lotte Choco Pie. Sementara itu video spesial “There Is No Manual To Be A Perfect Mom” juga diluncurkan di channel YouTube Lotte Choco Pie untuk para ibu yang selalu berjuang untuk kebahagiaan anak.