CIMB Niaga Syariah Permudah Pendaftaran Haji Lewat Kanal Digital

PinkKorset.com, Jakarta – Kini masyarakat bisa dengan mudah mendaftar haji melalui kanal digital CIMB Niaga Syariah tanpa harus datang ke bank dan kantor Kemenag.

Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPS BPIH) menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara menjelaskan, salah satu inovasi terbaru untuk mempercepat pendaftaran calon jemaah haji yaitu melalui internet banking OCTO Clicks yang terhubung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dan didukung layanan aplikasi Haji Pintar dari Kementerian Agama (Kemenag). Dengan sistem terintergrasi tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke bank dan kantor Kemenag untuk mendaftar haji. Semua proses mulai registrasi hingga mendapatkan validasi serta porsi haji bisa dilakukan secara online.

Lebih lanjut, Pandji menambahkan bahwa CIMB Niaga merupakan salah satu bank pertama yang menggagas pendaftaran haji secara online melalui OCTO Clicks. Inovasi ini melengkapi layanan untuk nasabah di seluruh jaringan kantor cabang CIMB Niaga.

“Kemudahan ini kami berikan sebagai wujud komitmen untuk mendukung nasabah merealisasikan impian beribadah haji ke Tanah Suci. Hal ini sesuai dengan tagline layanan haji kami yaitu Anda Niatkan Kami Bantu Wujudkan,” ucapnya dalam pernyataan tertulis di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tak hanya pendaftaraan self service lewat OCTO Clicks, CIMB Niaga Syariah juga menyediakan “Teman Haji” atau Hajj Business Sales Representative (HBSR) yang siap membantu calon jemaah haji untuk melakukan pembukaan rekening, pendaftaran haji sampai mendapatkan porsi haji secara online maupun melalui kantor cabang CIMB Niaga dan Kantor Pelayanan Haji Satu Atap Kemenag. Sehingga masyarakat tidak lagi direpotkan masalah administrasi dalam pendaftaran haji.

Sementara itu, Direktur Jenderal Haji Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan, Kementerian Agama mendukung upaya CIMB Niaga Syariah sebagai salah satu BPS BPIH dalam menyediakan layanan pendaftaran haji yang cepat secara digital.

“Hal ini diharapkan turut mensukseskan agar layanan pendaftaran haji, mekanisme penerimaan dan pembayaran setoran BPIH berjalan lancar sesuai asas pengelolaan dana yang adil, akuntabel, profesional, tanpa melupakan prinsip nirlaba,” ujarnya.

CIMB Niaga Syariah juga menyediakan produk tabungan dan kartu debit iB Pahala untuk kelancaran transaksi finansial calon jemaah haji selama di Tanah Air maupun di Tanah Suci. Produk tabungan yang terkoneksi Siskohat ini memberikan beragam keuntungan seperti bebas biaya administrasi, bebas biaya tarik tunai di ATM bank lain domestik dan luar negeri, termasuk di Arab Saudi (khusus di jaringan ATM berlogo Mastercard dengan minimal saldo sebelum penarikan Rp1 juta). Nasabah juga dimudahkan dengan fitur bahasa Indonesia pada menu ATM Bank Al-Rajhi di Arab Saudi.

Selain kemudahan tersebut, CIMB Niaga Syariah pun menyediakan berbagai variasi produk/program, salah satunya Program Investasi Haji Muda. Program investasi rutin bulanan pada Reksadana Syariah ini memiliki jangka waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan pemenuhan dana pendaftaran dan pelunasan Haji dengan nominal investasi rutin yang terjangkau mulai dari Rp360 ribu per bulan.

Sebagai tambahan informasi, sejak terpilih sebagai BPS BPIH pada 2014 hingga saat ini, jumlah pendaftar haji melalui CIMB Niaga Syariah telah mencapai 199 ribu orang.

“Melalui beragam inisiatif tersebut dan seiring kembali normalnya keberangkatan haji pascapandemi diharapkan  jumlah pendaftar haji melalui CIMB Niaga Syariah terus meningkat,” pungkas Pandji.