Kantor Cabang Hybrid CIMB Niaga Pertama Ada di PIK

PinkKorset.com, Jakarta – Memadukan pelayanan konvensional dan digital lounge, CIMB Niaga cabang hybrid di Pantai Indah Kapuk (PIK) ini mengedepankan konsep digital branch.

Kantor cabang hybrid CIMB Niaga dengan konsep digital branch hadir di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara sejak Agustus lalu. Di kantor cabang ini nasabah merasakan suasana konvensional sekaligus digital lounge. Perpaduan tersebut memberikan pengalaman perbankan serba digital namun tetap mempertahankan sentuhan layanan personal untuk nasabah #YangUtama.

Nasabah dapat memanfaatkan berbagai fasilitas perbankan seperti di digital lounge seperti mesin self service banking, video banking, perangkat tablet, OCTO vending machine dan bergama fasilitas digital lainnya yang didukung digital service officer. Layanan digital di digital branch tersebut melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti customer service, teller, CIMB prefered Lounge dan safety deposit box.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, kehadiran digital branch pertama di PIK merupakan wujud komitmen CIMB Niaga untuk terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia.

“Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing-masing, baik secara self service berbasis digital maupun layanan personal dari digital service officer dan staf CIMB Niaga,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain menerapkan konsep hybrid, digital branch juga mengusung konsep sustainability dengan meminimalisir penggunaan kertas dan mengutamakan penggunaan furnitur dari pengrajin UKM lokal. Hal ini selaras dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi Sustainability Development Goals (SDGs) dalam kegiatan operasional.

Dukung Sustainability

Implementasi konsep sustainability bisa dirasakan calon nasabah dan nasabah, misalnya saat membuka rekening tabungan menggunakan mesin self service banking. Calon nasabah tak perlu mengisi formulir tercetak, melainkan cukup menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang bisa diselesaikan dalam 5 menit.

Ada pula fasilitas video banking yang bisa diakses di luar jam operasional kantor cabang. Melalui fasilitas ini nasabah bisa melakukan transaksi finansial dan non-finansial, mengakses informasi produk dan layanan serta komplain kepada seorang banking officer secara live.

Dengan menghadirkan digital branch diharapkan potensi emisi gas rumah kaca yang dapat dihindari CIMB Niaga semakin besar. Potensi emisi gas rumah kaca yang berhasil dihindari sebesar 13,86 ton setara CO2. Jumlah tersebut diperoleh dari penerbitan lebih dari 1,8 juta e-statement secara paperless yang mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton.

Optimalisasi perangkat digital di digital branch juga meningkatkan efisiensi waktu layanan. Misalnya waktu pelayanan dapat berkurang hingga 50% dengan 80% pembukaan rekening dilakukan menggunakan mesin self service banking dan self service tablet, serta 90% pelayanan penggantian kartu debit/ kartu kredit dan pembaharuan data nasabah dilakukan dengan mesin self service banking atau dibantu digital sevice officer.

Hadirnya digital branch ini melengkapi layanan yang telah ada di kantor cabang dan digital lounge. Per 30 Juni 2023, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounge), 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine) dan 453.483 electronic data capture (EDC and QR).

“Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia,” tutup Lani.