Keren, Google Ciptakan Lensa Kontak Ukur Diabetes [blip]

Keren, Google Ciptakan Lensa Kontak Ukur Diabetes

PinkKorset.com – Penderita diabetes kini bisa mengetahui tingkat glukosa hanya dengan menggunakan lensa kontak.

Ya. Google baru saja mendapatkan sertifikat paten untuk produk lensa kontak pintar pertama mereka.

Bekerjasama dengan salah satu perusahaan farmasi besar, Novartis, lensa kontak pintar yang ditemukan oleh WebProNews ini, memiliki sensor yang dapat memonitor tingkat gula di dalam darah bagi penderita diabetes.

Google melakukan serangkaian tes dari berbagai prototip kontak lensa pintar dan berkonsultasi dengan lembaga pengawasan makanan dan obat, FDA, untuk membuat sebuah lensa kontak pintar yang dapat mengukur tingkat glukosa penggunanya.

Google mengatakan bahwa chip dan sensor ditanamkan antara lapisan material lensa kontak dan lubang kecil yang dapat menampung air di dalam mata, sehingga bisa menyentuh sensor dan mengukur secara otomatis tingkat glukosa penggunanya.

lensa-kontak-google1

Saat ini cara terbaik dan awam yang dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengukur tingkat glukosa mereka adalah dengan mengambil sampel darah dari jari mereka.

Namun, dengan adanya lensa kontak pintar ini, Google yakin para penderita diabetes dapat mengetahui tingkat glukosa mereka secara teratur dan mudah.

Google mengatakan inovasi yang mereka kembangkan ini bisa saja digunakan untuk produk lain.

“Kami mendapatkan paten untuk banyak hal, tidak hanya produk farmasi tapi mungkin saja paten ini bisa kami kembangkan untuk produk lain atau layanan pintar lainnya di masa yang akan datang,” ujar juru bicara resmi Google dalam keterangan tertulisnya.