Tak Sesulit Itu Menjadi Morning Person [all4women]

Tak Sesulit Itu Menjadi Morning Person

PinkKorset.com – Bangun pagi kadang menjadi perjuangan berat bagi beberapa orang. Padahal, tak sesulit yang Anda bayangkan jika sungguh-sungguh berniat.

Tombol snooze sudah sangat akrab. Dia yang pertama Anda tekan, kadang dengan emosi, begitu alarm berbunyi di pagi hari. Apakah Anda orang seperti ini?

Ketahuilah bahwa orang-orang bertubuh fit cenderung semangat bangun pagi dan langsung siap berolah raga atau memulai apapun aktivitas hari itu.

Logikanya, bangun pagi memang lebih baik. Terutama jika Anda berolah raga, karena ini akan memulai metabolisme. Apalagi, sinar matahari sedang baik-baiknya.

Logika tersebut sulit dibantah. Tapi jika Anda memang bukan seorang morning person, apa yang harus dilakukan untuk bangun pagi?

Pertempuran Jam Tubuh

Jika sulit bangun tidur, kemungkinan Anda menderita sleep inertia. Rasanya seperti selalu kekurangan tidur, sulit untuk melek di pagi hari.

“Perasaan itu bisa terjadi selama beberapa menit hingga setengah jam,” kata psikolog tidur dari Victoria University Profesor Gerard Kennedy.

Kurang tidur adalah penyebab utama sleep inertia. Terutama jika Anda adalah orang yang bekerja dengan lebih baik di malam hari.

“Setiap orang memang ada kecenderungan menjadi night owl atau morning person,” kata periset di University of South Australia Dr. Sarah Blunden.

Cara terbaik mengatasinya adalah mengatur ulang (reset) jam tubuh Anda dengan memastikan cahaya matahari menimpa wajah Anda di pagi hari.

“Mengekspos diri Anda terhadap cahaya terang bisa menekan melatonin atau hormon malam. Anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit di pagi hari,” lanjut Dr. Blunden.

Profesor Kennedy menambahkan, Anda juga bisa mengatur jadwal makan lebih awal. Misalnya memastikan sarapan pukul 07.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 18.30.

Rise and Shine!

Jika memang ingin jadi morning person, ucapkan selamat tinggal pada tombol snooze. Setel alarm di waktu Anda harus bangun.

“Tegaskan pada diri Anda sebelum tidur, saya harus bangun saat alarm berbunyi!” kata Profesor Kennedy yang menambahkan trik lainnya, yakni mengencangkan suara alarm.

Para ahli ini sepakat, dua pekan pertama adalah yang tersulit. Namun hasil kedisplinan Anda akan segera terlihat.

Ingat, the early bird gets the worm.