Tanda Hati Anda dalam Bahaya [lifolitan]

Tanda Hati Anda dalam Bahaya

PinkKorset.com – Hati atau liver menjadi salah satu organ tubuh yang kerap luput dari perhatian Anda. Kenali masalah liver melalui tanda ini.

Kendati salah satu organ tubuh ini tidak terlihat mata tetapi perannya sangat penting. Hati adalah kelenjar tubuh paling besar yang bertanggung jawab membantu proses pembersihan racun dari dalam tubuh alias detoksifikasi, menyaring darah, memproduksi hormon, menyimpan energi dan memproduksi cairan empedu untuk pencernaan.

Anda dapat membayangkan bila hati mengalami masalah tentu saja kesehatan Anda terganggu. Terlebih ketika hati mengalami perlemakan (fatty liver) dan kondisi yang sulit dipulihkan seperti pengerasan hati (cirrhosis) serta kanker hati.

Sayangi hati Anda dengan memerhatikan gejala penyakit seperti berikut.

Mata dan kulit menguning

Mata dan kulit menguning atau jaudince adalah salah satu gejala penyakit hati paling mudah dilihat. Warna ini muncul ketika hati tidak dapat membersihkan bilirubin yakni senyawa dari sisa sel-sel darah tua yang rusak.

Bercak kulit

Ketika hati Anda gagal membersihkan darah terjadi pembekuan dekat permukaan kulit. misalnya ditandai bercak kulit menyerupai jaring laba-laba (angioma spider).

Sakit perut

Kondisi ini bukan sakit perut biasa. Nyeri dan bengkak ketika Anda meraba bagian kanan atas perut (di bawah tulang dada) menjadi salah satu tanda peradangan hati.

Nyeri sendi

Penyakit hati juga menyerang bagian sendi yang disertai mual, muntah, lelah dan kehilangan nafsu makan. Gejala ini bagian dari hepatitis autoimun atau kekeliruan sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan jaringan hati. Kondisi ini banyak dialami perempuan.

Atrofi otot

Penyusutan otot ini terjadi ketika hati sakit sehingga keseimbangan cairan terganggu. Sehingga massa otot berkurang diikuti lemak perut membesar, kaki kurus namun pergelangan kaki membengkak dan kelemahan pada lengan serta kaki. Kondisi ini dapat terjadi di atas pipi dan sekitar pelipis.

Kebingungan

Ketika hati bermasalah kadar tembaga meningkat dalam darah dan otak. Kondisi ini memicu Alzheimer yang ditandai dengan kebingungan.