Kompetisi Game Kelas Dunia Hadir di Indonesia [pcmag]

Kompetisi Game Kelas Dunia Hadir di Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Dua turnamen olahraga elektronik (eSports) bertaraf internasional digelar pada Oktober 2018 di Jakarta.

Kompetisi bertaraf internasional South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG) diselenggarakan pada 17-21 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

South East Asian Cyber Arena (SEACA) merupakan kompetisi eSports internasional pertama yang diselenggarakan komunitas atlet eSports nasional, UniPin eSports. UniPin adalah voucher game online yang diterbitkan PT Dua Puluh Empat Jam.

SEACA diikuti atlet eSports Asia Tenggara untuk berkompetisi Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Point Blank, dan DOTA2. Hadiah yang disediakan mencapai US$100.000. Babak kualifikasi SEACA berlangsung di 16 kota di Indonesia dalam UniPin Indomaret Championship (UIC) pada 27 Mei – 7 Oktober 2018.

Sementara World Electronic Sport Games (WESG) 2018 merupakan kompetisi eSports dunia yang diselenggarakan Alisports dan melibatkan peserta dari 38 negara, termasuk Tiongkok, Jepang, AS, Kanada, Rusia dan negara kawasan Asia Tenggara. Didukung Alisports, Air Asia, Agri Mind, Beyond, Mogu, Charterprime dan UniPin eSports, kejuaraan ini menyediakan hadiah total US$5.500.000.

Kualifikasi WESG di Indonesia, Alisports menggandeng Agri Mind dan UniPin eSports. Gelaran ini mempertandingkan StarCraft II, Hearthstone, Counter-Strike : Global Offensive, Vainglory, dan DOTA 2.

Pendaftaran WESG perwakilan Indonesia berakhir 31 Agustus 2018. Kualifikasi online pada September – Oktober 2018 dan final nasional diadakan 17-18 Oktober 2018 di Jakarta.

Kompetisi Game Kelas Dunia Hadir di Indonesia

CEO & Co Founder UniPin Ashadi Ang menjelaskan, valuasi eSports 2017 mencapai US$500 juta dengan pertumbuhan 40% per tahun. Angka tersebut diprediksi mencapai US$1,7 miliar.

“Besarnya valuasi industri eSports menjadi motivasi bagi UniPin eSports bergerak cepat mengembangkan industri eSports di Tanah Air dan internasional,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Ashadi menambahkan, setiap negara memiliki potensi eSports luar biasa. Kami menangkap potensi dan antusiasme ini sebagai visi baru membangun komunitas eSports terbesar menginspirasi seluruh atlet esports di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia.

“Harapan kami investasi besar melalui event SEACA dan WESG ini dapat mengembangkan budaya positif eSports secara luas ke seluruh negeri,” pungkasnya.